29 January 2006

Kiat Mencari Buku-buku Perpustakaan Menggunakan RedLightGreen

Oleh Gary Price, News Editor
Dimuat di Search Engine Watch, 31 Oktober 2005

Google Scholar bukan satu-satunya layanan online yang dapat membantu Anda menelusuri dan memperoleh buku-buku. Sebuah mesin pencari (search engine) dengan nama yang aneh, RedLightGreen, terbukti sangat ampuh dan memiliki beberapa kelebihan yang tak dimiliki mesin pencari lainnya.

RedLightGreen adalah layanan pencari yang dirancang untuk mudah digunakan, membantu Anda mencari dan mengakses perpustakaan-perpustakaan. Mesin pencari ini dikembangkan oleh RLG, sebuah organisasi perpustakaan yang berbasis di California. Database yang dikembangkan, atau yang populer di kalangan pustakawan dengan sebutan "union catalog" dan mengandung informasi bibliografik lebih dari 120 juta buku. Selain itu ia pun menyediakan fitur lain yang sangat mengesankan.

Sebagai contoh, pencarian tentang "Internet History". Hasil pencarian tidak hanya mengandung daftar kunjungan (list of hits) tetapi juga informasi bantuan, yang memudahkan Anda mempersempit dan memfokuskan pencarian. Perhatikan kolom di sisi kiri halaman.

Di sini Anda akan mendapatkan pilihan-pilihan untuk memfokuskan pencarian hingga ke subyek yang sangat spesifik. Darimana links (jejaring informasi) itu diperoleh? Ternyata informasi hasil pencarian tersebut berasal dari daftar subyek utama yang telah dibangun secara manual oleh para penyusun katalog, menggunakan kosakata terkendali yang disebut Library of Congress Subject Headings. Memanfaatkan keuntungan dari penjelasan subyek utama seringkali memudahkan Anda mendapatkan material yang dibutuhkan secara cepat.

Selain itu, Anda pun akan mendapatkan daftar nama pengarang yang dapat di-klik. Dan jika Anda ingin membatasi pencarian untuk bahasa tertentu, itu dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja.

Moda layanan pencarian lanjut (advanced) dengan pilihan yang lebih sedikit juga tersedia.

Begitu Anda memiliki sebuah daftar buku, apa yang dapat dilakukan? Anda tinggal mengunjungi halaman-halaman dari setiap judul.

Perhatikan kotak hijau di sisi atas kanan halaman dengan tulisan, "Get it at your library." Jika Anda klik link ini, Anda dapat memeriksa secara cepat perpustakaan yang Anda tuju memiliki koleksi itu atau tidak. Bahkan RLG baru saja menambahkan link langsung ke LEBIH DARI RIBUAN katalog perpustakaan di seluruh dunia. Jika Anda mendaftar (gratis dan cepat), perpustakaan-perpustakaan setempat akan selalu di-link-kan.

Kotak hijau lain di sisi kanan halaman disediakan bagi Anda untuk menyimpan materi-materi yang telah dikumpulkan. Anda dapat mengeset dan memformat daftar tersebut menggunakan format bibliografik. Karena lebih mudah mengirim bibliografi lewat email.

Halaman hasil pencarian juga mengandung link untuk mengecek persediaannya di toko-toko buku melalui database Amazon.com, serta link lain dari Google.

Jika Anda kemudian menggunakan RedLightGreen, jangan lupa, mesin pencari ini pun memiliki plugin untuk Mozilla Firefox.

Saya hanya menyajikan informasi permukaan saja dan berharap dapat menulis lebih banyak tentang proyek ini. RedLightGreen sungguh sangat berharga dan berguna untuk pekerjaan saya. Anda dapat membaca artikel tentang RedLighGreen di sini dan sini.

Terimakasih Pak John MacDougall untuk rujukan artikel ini.

No comments: