19 January 2006

Guns, Germs, and Steel

Awicaksono

Judul buku: Guns, Germs, and Steel: The Fates of Human Societies
Penulis: Jared Diamond
Penerbit: WW Norton and Co Inc
Tahun terbitan: 1999
ISBN: 03933-1755-2


Ini adalah tulisan kedua tentang buku Jared Diamond, Guns, Germs and Steel. Saya terusik membacanya kembali setelah menyelesaikan Collapse. Ternyata, begitu banyak hal-hal yang harus dibaca-ulang di Gus, Germs and Steel setelah kita menyelesaikan Collapse.

Ada beberapa pertanyaan yang tidak jelas, misalnya tentang mikroorganisme: Bagaimana beberapa bangsa manusia membangun kekebalan terhadap penyakit, sementara yang lainnya, seperti masyarakat adat, tidak, sehingga mereka begitu tak berdaya menghaadpi infeksi penyakit seperti cacar dan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteria? Apakah penyakit-penyakit tersebut adalah hasil sampingan proses "peradaban"?

Lebih menantang lagi ketika disodorkan pertanyaan, mengapa bangsa-bangsa di Eropa Barat tiba lebih dulu di era industrialisasi? Mengapa Raja Charles I dari Spanyol menaklukan Inca, bukan sebaliknya? Akan ada lebih banyak pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu tentang dunia ini. Guns, Germs, and Steel menjelajahi kehidupan masa lalu jauh hingga 13.000 tahun sejarah bumi dan muncul dengan teori-teori yang mencengangkan.

Jared Diamond, yang memenangkan Penghargaan Pulitzer untuk buku ini, mengamati secara cermat pertanyaan-pertanyaan anthropologik yang sering dianggap tidak penting oleh sebagian besar orang. Seperti, mengapa bangsa manusia di satu wilayah gagal dalam membudidayakan tanaman? Atau, mengapa roda tidak ditemukan di dunia baru? Mengapa sebagian besar mamalia besar liar tidak pernah dijinakkan dan dibudidayakan? Jika zebra berhasil dijinakkan dan diternakkan, apakah seharusnya Afrika dapat menjadi bangsa adidaya di muka bumi ini?

Jared Diamond, adalah seorang profesor fisiologi di Sekolah Tinggi Kedokteran Universitas California Los Angeles (UCLA), mengkaji secara cermat begitu banyak informasi, mengamati pola-pola kecenderungan, hingga akhirnya berani menyajikan sebuah tinjauan umum dengan fokus yang tajam. Ia mampu mengajak kita menjelajah bersama kehidupan di masa lalu secara brilian, membuat sejarah menjadi begitu populer dan menarik. Jared Diamond juga berhasil meletakkan perkara ras secara enak, tanpa terjebak dalam kajian-kajian dangkal superioritas, karena mampu mengaitkannya dengan konteks waktu dan tempat yang sesuai.

Tak ada kata yang tepat selain, Guns, Germs, and Steel adalah buku yang penting dan sangat disarankan. Di dunia yang senantiasa penuh dengan fenomena 'menang-kalah', 'kaya-miskin', sangat penting untuk terus-menerus mengkaji secara cermat distribusi yang tak seimbang dari kekayaan bumi. Sebuah ketidakadilan yang menjadi pangkal dari seluruh kisah tentang kekerasan dan konflik. Tidak akan pernah ada jalan keluar yang mudah, tetapi diskusi tentang bagaimana semua ketidakadilan ini timbul setidaknya merupakan langkah awal yang sangat bijak.

No comments: