29 January 2006

Climate Change Policy: A Survey

Dirujuk dan diterjemahkan dari CESP - Books and Book Chapter

Informasi Buku

Judul buku: Climate Change Policy: A Survey
Penulis: Stephen H. Schneider , Armin Rosencranz, John O. Niles (editor)

Penerbit: Island Press

Tahun terbitan: 2002

ISBN: 1559638818


Pertanyaan-pertanyaan di sekitar isu perubahan iklim tumbuh mulai dari "Apakah ini sungguh terjadi?" hingga "Apa yang dapat kita lakukan?" Kendala utama untuk menangani isu ini pada situasi sekarang bukanlah perkara ilmiah tetapi justru perkara politik dan ekonomi; jelas bahwa jalan keluar yang cepat sangat tidak mungkin.

Ketidaktahuan dan kebingungan menyangkut isu, termasuk kurangnya pemahaman mendasar tentang perubahan iklim, dampaknya terhadap lingkungan hidup dan masyarakat manusia, serta kisaran pilihan-pilihan kebijakan yang tersedia, menyumbang kepada kekacauan-kekacauan politis dalam penanganan perubahan iklim. Kebijakan perubahan iklim mencoba menelaah situasi yang ada dengan mengangkat secara bersama-sama pemikiran-pemikiran baru dari para ahli terkemuka yang mengkaji isu ini dari berbagai dimensi, utamanya dalam membangun pemahaman tentang perubahan iklim dan kebijakan untuk menanganinya. Bab-bab buku ini mempertimbangkan:
  • ilmu iklim dari perspektif sejarahnya
  • kajian-kajian tentang ketidakpastian dalam khasanah ilmiah dan kebijakan iklim
  • sisi ekonomik kebijakan iklim
  • isu-isu keadilan Utara-Selatan dan antargenerasi
  • peran dunia usaha dan industri dalam upaya pencarian jalan keluar isu iklim
  • mekanisme kebijakan, meliputi pelaksanaan bersama (joint implementation), perdagangan emisi (emissions trading), dan apa yang disebut dengan mekanisme pembangunan bersih (clean development mechanism)
Terlepas dari naik-turunnya status Protokol Kyoto, isu-isu yang terus terangkat dalam debat ini akan tetap berlangsung mengingat rejim-rejim perlindungan iklim yang baru terus bermunculan; buku ini mencoba untuk merangkumnya sekaligus. Mengaitkan bab-bab buku ini secara bersama-sama muncullah sebuah kesimpulan bersama bahwa perubahan iklim adalah ancaman yang sungguh-sungguh dan serius, dan bahwa kita sebagai bagian dari masyarakat dunia memiliki kewajiban tidak hanya untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut, tetapi juga untuk mengurangi dampak-dampaknya menggunakan cara yang paling cerdas yang dapat dikembangkan. Efektifitas biaya jadi tidak relevan ketika kita bicara tentang prospek kerugian jangka panjang dan masa depan yang luar biasa besar.

Download sebagian bab buku ini, silakan ke sini.

No comments: