09 January 2006

Guns, Germs, and Steel: Rute Perkembangan Masyarakat Manusia

Awicaksono

Judul buku: Guns, Germs, and Steel
Penulis: Jared Diamond
Penerbit: W. W. Norton & Company
Tahun terbitan: 1999
ISBN:
0393317552

Buku ini mencoba menjelaskan masyarakat mana yang mendominasi dunia dan mengapa. Tanpa harus terjebak pada rasisme (bahwa orang kulit putih lebih cerdas, misalnya) atau alasan-alasan keagamaan (orang kulit putih adalah masyarakat pilihan Tuhan), Diamond lebih mengajukan argumen-argumen tentang lingkungan hidup dan budaya secara elegan. Saya kutip catatan yang terdapat di sampul bukunya:
Why did the Eurasians conquer, displace, or decimate Native Americans, Australians, and Africans, instead of the reverse? In this groundbreaking book, evolutionary biologist Jared Diamond stunningly dismantles racially based theories of human history by revealing the environmental factors actually responsible for histories broadest patterns. Here, at last, is a world history that really is a history of all the world's peoples, a unified narrative of human life even more intriguing and important than accounts of dinosaurs and glaciers.
Diamond memulai kisahnya dari 13.000 tahun lampau, ketika dunia dihuni masyarakat pemburu dan peramu di zaman batu. Pada masa itu rute perkembangan masyarakat manusia di benua-benua yang terpisah mulai berkembang mengikuti alurnya masing-masing. Budidaya tanaman dan penjinakkan hewan liar di China, Mesoamerica, wilayah tenggara Amerika Serikat dan wilayah lainnya, menjadi semacam modal bagi masyarakat di wilayah tersebut. Mengapa gandum dan jagung, sapi dan babi, serta tanaman dan ternak favorit di wilayah tersebut dapat berkembang pesat tetapi tidak di wilayah lainnya hingga sekarang, dijelaskan secara jernih oleh Diamonds.

Masyarakat yang berhasil melampaui tahapan pemburu-peramu lebih memungkinkan untuk memajukan dirinya dengan mengembangkan budaya tulis, budidaya (teknologi), pengurusan wilayah, agama-agama yang terorganisir - serta benih-benih agresifitas dan senjata yang mematikan untuk berperang diantara masyarakat tersebut.

Buku ini memberikan kita satu rujukan yang luar biasa dalam memahami masyarakat manusia. Sila lihat komentar dan kritik di bawah ini.
"This is a brilliantly written, passionate, whirlwind tour through 13,000 years of history on all the continents--a short history of everything about everybody. The origins of empires, religion, writing, crops, and guns are all here. By at last providing a convincing explanation for the differing developments of human societies on different continents, the book demolishes the grounds for racist theories of history. Its account of how the modern world was formed is full of lessons for our own future. After reading the first two pages, you won't be able to put it down." -- Paul R. Ehrlich, Profesor Bidang Studi Kependudukan, Universitas Stanford

No comments: