09 January 2006

Helping Children With Autism Learn: Orangtua Sebagai Sumber Pembelajaran Terbaik

Awicaksono

Judul buku: Helping Children with Autism Learn : Treatment Approaches for Parents and Professionals
Penulis:
Bryna Siegel
Penerbit: Oxford University Press
Tahun terbitan: 2003
ISBN: 0195138112

Bryna Siegel memberikan orangtua-orangtua yang memiliki anak autistik hal yang paling dibutuhkan: Harapan. Buku pertamanya, The World of the Autistic Child, sudah menjadi rujukan klasik, mencoba membuka pikiran anak-anak autistik yang selama ini menjadi misteri. Lewat buku ini ia menawarkan pemikiran dan permenungan yang setara, sebuah panduan praktis yang menyeluruh bagaimana menangani proses pembelajaran anak-anak dengan keterbatasan dan kelainan yang seringkali mematahkan hati orangtua.

Menurut Siegel, masalah yang paling banyak ditemui dalam penanganan autisme adalah karena kelainan ini merupakan kelainan berspektrum -- kombinasi antara beberapa gejala dan penyebab. Pada kasus tertentu, terlihat anak-anak yang terasing dari kehidupan sosial, ketidakmampuan berbahasa serta kesulitan untuk bergaul -- tetapi kisarannya bervariasi secara dramatik pada setiap kasus. Kuncinya adalah dengan memahami setiap kasus autisme sebagai keterbatasan belajar yang unik dan khas, dimana dibutuhkan penanganan yang khusus. Siegel menjelaskan bagaimana mengenali dan mendaftarkan keterbatasan tertentu dari anak, menguraikan beragam keadaan khas dari autisme, membahas tentang status pengetahuan saat ini menyangkut kasus, serta meninjau strategi-strategi yang umum berlaku dalam penanganan autisme. Tidak ada proses penyembuhan yang sederhana untuk autisme, menurut Siegel. Bahkan ia menyarankan agar program penanganan harus dirancang sesuai dengan masalah masing-masing anak. Siegel memberikan pedoman praktis bagi orangtua untuk mengembangkan program, dan mendorong agar orangtua memberdayakan dirinya sendiri untuk secara langsung memimpin proses penanganan anaknya yang menderita autisme. Ia sangat memahami betapa paniknya orangtua untuk melakukan sesuatu, dan ia menawarkan orangtua dukungan lewat saran-saran yang menyentuh, sebagai kombinasi antara pengalaman, teori dan penelitian-penelitiannya.

Bagi para orangtua, autisme yang diderita anak-anaknya sangat menghancurkan hati. Tetapi hal tersebut harus ditangani. Bryna Siegel menawarkan sebuah pemahaman baru, serta pendekatan yang praktis dan penuh pemikiran, yang diharapkan dapat menumbuhkan harapan orangtua dengan anak yang menderita autisme. Komentar dari beberapa ahli tentang buku layak disimak:
"This book contains an abundance of clearly written, easy to understand information for educating the child with autism." --Temple Gradin, author of Thinking in Pictures
"This is a very positive book -- sensitive to the dilemmas that children with autism face and positive about their ability to learn and adapt. It focuses on solutions to the challenges that autism presents, solutions that lead to new learning and adapting. Siegel's conversational style of language makes the book highly accessible for parents, teachers, and the various interventionists who serve children with autism. Her description of the matrix of abilities and disabilities -- how the core neuropsychological features of autism come together to create patterns of strengths and weaknesses -- demystifies some of the puzzle of autism. She draws the outline of the separate pieces and shows how they fit together to form both the familiar pattern of autism that clinicians recognize but also the individual profile that defines each individual person with autism." --Sally Rogers, Professor of Psychiatry and Behavioral Sciences, The M.I.N.D. Institute, University of California Davis Medical Center
"The landscape of educational and treatment options for children with autism spectrum disorders is complex and often overwhelming for parents and professionals. Drawing from her many years of experience, Dr. Siegel provides a helpful guide for making decisions about directions in educational programming." --Barry M. Prizant, Ph.D., CCC-SLP, Director, Childhood Communication Services and Adjunct Professor, Center for the Study of Human Development, Brown University
Jakarta, 9 Januari 2006

No comments: