11 February 2006

Info Buku: Gender, Bahasa dan Kekuasaan

Informasi Buku

Judul buku: Gender, Bahasa dan Kekuasaan
Penulis: Esther Kuntjara, Ph D
Penerbit: Universitas Kristen Petra Surabaya dan penerbit PT BPK Gunung Mulia Jakarta
Tahun terbitan: 2004
Tebal: ix+117 halaman.

Sejak munculnya berbagai gerakan perempuan pada pertengahan abad ke 20 hingga sekarang,para pakar di bidang linguistik, antropologi budaya, sosiologi, psikologi, komunikasi dan banyak disiplin lain mulai mencari hubungan antara bahasa dan seks. Mereka juga melihat bagaimana peranan perempuan dan laki-laki dalam budaya mempengaruhi gaya bicara mereka. Benarkah perempuan lebih banyak bicara [cerewet] dibanding laki-laki? Apakah kosa kata yang kita pakai sehari-hari berbias gender dan sering merugikan perempuan dan membuat keberadaan perempuan tersembunyi? Apakah benar gaya bicara laki-laki lebih bersifat agresif sedang perempuan lebih lembut dan menunjukkan keakraban? Benarkah perempuan lebih sopan dibanding laki-laki sehingga mereka harus menggunakan bahasa yang halus dan sopan, sedangkan laki-laki lebih bebas menggunakan bahasa apa saja? Masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang menjadi menarik untuk disimak dan dipelajari.

Esther Kuntjara, PhD menyelesaikan stud S1 jurusan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga tahun 1982. Bersama suami dan kedua anaknya,penulis berangkat ke Amerika Serikat tahun 1985. Sambil menyertai suami yang mengambil S3 di California, penulis menyelesaikan studi S2 dibidang TEFL di San Fransisco State University. Program itu diselesaikannya pada tahun 1988. Sekembali ke Indonesia, penulis mengajar bahasa Inggris di Universitas Kristen Petra Surabaya. Pada tahun 1990-1993 penulis dipercayakan mengemban tanggung jawab sebagai Dekan fakultas sastra UK Petra Surabaya.Pertengahan tahun 1993,penulis menerima beasiswa dari United Board ke Amerika Serikat sebagai dosen tamu di Central College, Iowa, selama satu tahun. Tahun 1997 penulis kembali ke Amerika Serikat untuk mengambil S3 di Indiana University of Pensylvania di bidang Rhetoric and Linguistics dengan disertasi" A Sociolinguistic Study of Two Chinese Indonesian Mother-Daughter Pairs in Surabaya". Studi S3 diselesaikan tahun 2003. Selama studi di IUP, penulis memperoleh penghargaan menjadi anggota dari Honor Society of Phi Kappa Phi. Beberapa tulisannya yang banyak berkisar tentang gender dan bahasa sudah dimuat di jurnal-jurnal nasional maupun internasional. Penulis juga sering memberi presentasi ilmiah baik didalam maupun di luar negeri.

Untuk informasi pembelian, kontak Penerbit PT BPK Gunung Mulia, Jl. Kwitang 22-23 Jakarta 10420. Telp 021- 3901208 Fax 021- 3901633. email: publishing@bpkgm.com

No comments: