03 June 2007

Rocks & Hard Places - Kekeraskepalaan Moody

Awicaks


Jika ada orang yang paling keras kepala, teguh berpegang kepada keyakinannya tentang beringas, keji dan bobroknya rejim ekonomi-politik global dalam bentuk yang paling kongkret, yakni industri ekstraktif, dia lah Roger Moody. Moody, pendiri dan Direktur Eksekutif People Against RTZ and its Subsidiaries (PARTiZANS), secara khusus membaktikan hidupnya untuk melawan perusahaan tambang yang menurutnya paling menggurita, hadir di semua tempat yang memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) paling buruk, dan menanam uang mereka di negara-negara yang otoriter, korup dan dikendalikan oleh militer, yakni Kelompok Usaha Rio Tinto (RTZ).

Bagi Moody perangkat pemantauan indikator pencemaran lingkungan yang paling canggih sekali pun tidak akan ada artinya ketika berhadapan dengan sektor industri keruk atau ekstraktif, karena keseluruhan proses industri ini memiliki kemampuan memerosotkan mutu lingkungan dan kehidupan di sekitar wilayah operasinya hingga mampu menjangkau jarak ratusan kilometer dibantu lewat sistem hidro-orologi (tata-air).

Moody juga menulis buku berjudul The Gulliver Files, sebuah catatan panjang dan melelahkan tentang kegiatan-kegiatan industri ekstraktif di seluruh dunia. Salah satu buku yang ditulis Moody dan "dipersembahkan" secara khusus kepada RTZ berjudul Plunder! yang menjejaki sejarah RTZ dan seluruh turunannya di negara-negara Sabuk Pasifik, Afrika, Amerika dan Eropa. Jika Anda memutuskan membaca buku Moody, persiapkan mental dan waktu sebaik-baiknya. Moody akan memaparkan fakta dan telaah faktual yang akan membuat jantung Anda berdebar, tanpa harus terjebak dengan gaya penulisan berorientasi konspiratif.

Dalam buku anyarnya, Rocks & Hard Places, sekali lagi Moody membongkar daya jangkau dan jelajah tentakel modal dan kuasa RTZ ke berbagai operasi industri ekstraktif di dunia. Moody juga memaparkan rintisan RTZ yang kemudian dijadikan model perluasan dan perambahan industri ekstraktif ke kawasan-kawasan yang seharusnya dilindungi, karena menjadi penopang kehidupan manusia dan mahluk hidup lain sebagai satu kesatuan sistem ekologi setempat. Secara gamblang Moody menggambarkan bagaimana modus operandi sektor ekstraktif dalam merusak dan menghancurkan tatanan kehidupan di lingkar wilayah operasinya. Yang tak kalah penting dari Rocks & Hard Places adalah upaya Moody memblejeti (dismantling) siasat-siasat RTZ lewat pencitraan korporasi, dan legitimasi yang diperoleh dari kerjasamanya dengan organisasi-organisasi perlindungan lingkungan hidup kelas dunia.

Buku ini layak dibaca bukan saja oleh aktivis gerakan lingkungan hidup, tetapi juga para peneliti dan pengamat dinamika ekonomi-politik dunia, pembuat kebijakan di negara-negara kayak sumber-sumber mineral, serta para insan media dan pers. Membaca buku ini memaksa kita untuk terus bertahan hingga kelelahan, karena saratnya data serta telaah-telaah yang tajam, yang tak menyisakan ruang bagi perdebatan tak perlu.

3 Juni 2007

No comments: